manfaat lari

Manfaat Lari bagi Kesehatan Tubuh

Sport

Lari adalah satu-satunya olahraga yang mudah dan murah. Di samping itu olahraga yang satu ini bisa dilakukan kapan saja, sesuka hati Anda. Begitu banyak manfaat lari, di antaranya menurunkan risiko penyakit berbahaya bagi tubuh kita.

Manfaat lari lainnya yaitu meningkatkan kesehatan, kebugaran tubuh dan memperlancar peredaran darah. Selain itu, manfaat lari yang tidak kalah penting adalah memicu pengeluaram enzim dan hormon yang bisa merangsang cara kerja jantung supaya bekerja lebih baik.

Manfaat lari secara keseluruhan bisa dilihat di bawah ini, simak baik-baik, ya.

  • Baik bagi kesehatan lutut

Tanpa kita sadari olahraga lari bisa membuat lutut kita sehat. Dalan sebuah studi membuktikan olahraga lari bisa menurunkan risiko penyakit arthritis yang menyerang pinggul dan lutut. Akan tetapi bagi anda yang memiliki kelainan pada sendi. Ada baiknya konsultasi ke Doketer terlebih dahulu. Dikhawatirkan saat digunakan lari dalam jarak jauh sendi Anda bisa sakit.

  • Mengurangi efek dari jantung koroner

Manfaat lari lainnya adalah mengurangi kadar trigliserida dan lemak yang ada pada tubuh.

Jika Anda mampu berlari sejauh 16km per minggu, berarti Anda dapat meningkatkan kolesterol baik dan HDL dalam tubuh. Dan apabila Anda bisa menambah jarak lari hingga 80 kilometer per minggu HDL akan meningkat dengan cukup signifikan.

Dalam sebuah penelitian menunjukkam bahwa mereka yang berlari teratur selama 50 menit dalam seminggu bisa mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Selain olahraga lari yang teratur harus diimbangi dengan makanan yang mengandung banyak nutrisi–pola hidup yang sehat.

  • Menurunkan berat badan

Manfaat lari yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Saat berlari kalori dalam tubuh kita mengalami pembakaran. Cepat tidaknya berat badan kita turun dipengaruhi oleh jauh dan lamanya kita berlari.

  • Mencegah gangguan osteoporosis

Olahraga lari bisa memicu terbentuknya sel-sel baru. Oleh karena itu manfaat lari bisa menghindarkan Anda dari penyakit osteoporosis.

  • Memperbaiki suasana hati

Mengapa lari bisa memperbaiki suasana hati? Hal ini dikarenakan orang-orang yang teratur lari hari-harinya akan berwana dan bahagia jika dibandingkan denga orang yang jarang lari. Selain itu manfaat lari bisa mengurangi terjadinya depresi. Hal ini dikarenakan saat kita berlari tubuh melepas hormon endorfin yang bisa berinteraksi secara langsung dengan otak Anda untuk mengurangi rasa sakit. Hormon endorfin ini juga bisa menimbulkan perasaan positif dalam tubuh. Olahraga diakui bisa mengurangi penyakit depresi ringan hingga sedang.

Tips Olahraga Lari Yang Baik

manfaat lari

Meskipun olahraga lari sudah bukan lagi menjadi rahasia umum dan bisa dilakukan kapan saja. Akan tetapi ada baiknya ada mengetahui lari yang benar itu bagaimana. Bukankan sesuatu yang dilakukan dengam benar hasilnya akan lebih maksimal? Tentu saja. Selain itu juga bisa mengurangi risiko cedera yang mungkin saja terjadi.

Beberapa hal yang harus diperhatikan di antaranya;

– pilih sepatu yang tepat dan nyaman di kaki Anda.

– Lakukan pemanasan terlebih dahulu

– Sebelum berlari lebih baik berjalan sekitar lima menit lebih dulu atau lebih

– Di sela-sela lari sisipkan jalan beberapa menit. Lakukan ini secara berurutan.

– Usahakan tingkatkan durasi lari Anda hingga tidak perlu berjalan.

– Untuk melakukan pendinginan bisa dilakukan dengan berjalan. Agar detak jantung kembali normal.

Selain tips di atas, ada beberapa tips lain perihal waktu lari. Meskipun olahraga yang satu ini bisa dilakukan kapan saja. Namun, alangkah baiknya jika dilakukan pada pagi dan sore hari. Manfaat lari pagi dan manfaat lari sore salah tentunya lebih banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *